Pada saat ini penggunaan aplikasi desa seharusnya sudah bisa  diterapkan di pemerintah desa agar dapat membantu kinerja desa.   Dengan menggunakan aplikasi desa yang lengkap pendataan digitalisasi menjadi lebih cepat. Kita bisa ambil contoh pendataan penduduk bisa dibuat secara digital, sehingga hasil akhirnya menciptakan statistic yang lengkap.  Operator desa tidak perlu lagi melakukan rekap data persentase dari penduduk rentang umur.  Tidak hanya dalam pendataan data penduduk saja, dengan aplikasi desa dalam pembuatan surat bisa menjadi 5 menit saja dalam pelayanan. Karena dengan aplikasi desain template dari surat sudah disiapkan, tugas dari operator hanya menanyakan nama saja makan secara otomatis surat langsung bisa di print. Tidak hanya itu, nomor surat terekam dalam arsip surat, sehingga ketika ada pertanyaan mengenai surat yang pernah dikeluarkan maka bisa dengan cepat menjawab. Tulisan ini mengantarkan anda sekaligus memberikan anda edukasi tentang sangat pentingnya aplikas desa. 

Pada saat ini masih banyak kantor desa belum menggunakan aplikasi. Sehingga ketika di minta pertanggung jawaban akan terasa sulit karena perlu lembu. Dengan aplikasi desa anda sebagai operator atau staf desa tidak perlu lagi lembur karena semua sudah serba otomatis. Dengan aplikasi desa diharapkan dapat membantu kinerja staf desa. Banyak sekali fitur yang ditawarkan pada aplikasi desa. Berikut fitur – fitur yang bisa ditampilkan pada aplikasi desa :

  1. Info Desa
  2. Kependudukan
  3. Statistik
  4. Layanan Surat
  5. Sekretariat
  6. Buku Administrasi Desa
  7. Bantuan
  8. Pertanahan

Fitur – Fitur di atas akan saya jelaskan satu persatu, silahkan baca tulisan ini dengan lengkap ya.

Beberapa keuntungan dari e-government adalah [1] :

  1. Berkurangnya biaya administrasi
  2. Meningkatkan kemampuan untuk menanggapi pertanyaan dan pertanyaan layanan publik baik dari segi kecepatan dan keakuratan
  3. Dapat memberikan akses ke layanan ke departemen atau LPND mana pun di tingkat mana pun
  4. Mendukung ekonomi lokal dan nasional
  5. Sebagai sarana penyaluran umpan balik secara bebas dan tanpa rasa takut

Penerapan aplikasi desa merupakan bagian dari e-government dimana merupakan cita – cita pemerintah Indonesia mentransformasikan dari manual menjadi lebih  digital. 

Penelitian yang pernah dilakukan tentang aplikasi desa, dapat disimpulkan [2] : 

  1. Memberikan tambahan wawasan, pengetahuan dan keterampilan aparatur desa  dengan Sistem Informasi Desa
  2. Membantu perangkat desa dalam menyebarluaskan informasi desa secara cepat dan menyeluruh melalui website
  3. memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi desa

Dengan aplikasi desa dapat diterapkan multifungsi, yaitu sebagai aplikasi internal dan eksternal. Yang dimaksud dengan aplikasi internal adalah aplikasi hanya digunakan secara offline sehingga hanya digunakan oleh operator dan staf desa saja. Sedangkan aplikasi desa dengan eksternal adalah aplikasi desa bisa digunakan oleh masyarakat untuk membuat surat secara mandiri menggunakan jaringan online. 

Mengutip dari penelitian lainya yang sudah menerapkan aplikasi desa , yaitu [3]  : 

  1. Aplikasi surat menyurat desa berbasis web ini dapat memecahkan masalah yang ada untuk lingkup instansi pemerintah Desa.
  2. Aplikasi layanan administrasi berbasis jaringan bisa mengatasi kelemahan yang terjadi dalam pelayanan administrasi Secara manual. 
  3. Proses layanan administrasi yang lebih transparan, keamanan waktu lebih jelas, kenyamanan yang dirasakan Pengguna aplikasi menjadi lebih baik.

Fitur unggulan yang dapat diterapkan adalah surat menyurat, dimana proses administrasi dalam pembuatan surat menjadi lebih cepat tentunya. Dengan menggunakan sistem jaringan dengan satu server maka dapat digunakan banyak komputer dalam satu kantor.

Berikut contoh sketsa penerapan aplikasi desa dengan multi operator :

Gambar 1. Sketsa Penerapan Aplikasi Desa

Pada gambar 1 merupakan penerapan aplikasi desa yang dapat digunakan. Dengan menggunakan satu server saja di tambah jaringan maka bisa digunakan lebih dari 3 operator sekaligus. Tentunya semakin banyak operator desa semakin cepat juga proses pelayanan kepada masyarakat.

Aplikasi desa ini tentunya masih terdapat kelemahan, yaitu bukan dari segi aplikasi tetapi lebih ke sumber daya manusia. Tentunya ketika aplikasi ini sudah diterapkan perlunya pelatihan sehingga penggunaan aplikasi desa ini bisa digunakan secara matang.

Pada tulisan ini tidak hanya mengajarkan anda cara menggunakan aplikasi tetapi lebih mengajak anda untuk bekerja sama dalam penerapan aplikasi desa. Terutama dalam pelatihan penggunaan aplikasi desa sehingga bisa diimplementasikan 100 % .

Bersambung Ke Halaman 2.